Info Haji & Umrah – Hidayatullah.com http://www.hidayatullah.com Berita Dunia Islam, Mengabarkan Kebenaran Thu, 30 Aug 2018 22:00:59 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.6 61797197 Kami Datang dan Belajar http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/30/149750/kami-datang-dan-belajar.html Thu, 30 Aug 2018 04:56:56 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149750

Sekitar 5300 tamu dari 95 negara diundang secara khusus, termasuk 40 tokoh Islam berbagai ormas di Indonesia

The post Kami Datang dan Belajar appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Sekitar 5300 tamu dari 95 negara dan ditambah 500 orang dari Guinea Bissau, Afrika Barat diundang secara khusus oleh Raja Salman untuk berhaji tahun ini. Termasuk 40 tokoh Islam berbagai ormas di Indonesia.

Inilah catatan ringkas saya yang ikut dalam rombongan perjalanan haji “Program Tamu Pelayan Dua Tanah Suci Raja Salman bin Abdul Aziz”.

***

Merupakan kesyukuran yang luar biasa, diikutkan sebagai salah satu undangan haji dalam “Program Tamu Pelayan Dua Tanah Suci Raja Salman bin Abdul Aziz”.

Alhamdulillah semua kegiatan ibadah berjalan lancar dan ditanggung oleh pemerintahan Kerajaan Saudi Arabia (KSA), mulai pengurusan visa, tiket, akomodasi, konsumsi, hadyu tamattu’, kain ihram, hingga kantung kerikil jamarat.

Banyak pelajaran berharga yang didapat dari program ini. Selain bisa melaksanakan ibadah haji, kesyukuran yang tak kalah besarnya adalah dipertemukan dengan para pegiat dakwah, ormas Islam dan akademisi Muslim dari seluruh penjuru dunia dengan pelbagai lintas disiplin ilmu.

Jumlah undangan haji dalam program Tamu Raja Salman tahun ini (1439H) mencapai 5300 orang dari 95 negara. Teknis pelaksanaannya di bawah kementerian Urusan Agama, Dakwah dan Penyuluhan (Wuzarat al-Syu’un al-Islamiyyah wa al-Da’wah wa al-Irsyad). Di antara 5.300 tamu undangan ini terdapat 1.000 orang dari keluarga syuhada’ tentara dan polisi Mesir, 1.500 orang dari keluarga syuhada Yaman dan tentara Sudan, serta 1.000 orang dari kerabat syuhada Palestina. Selain itu, terdapat 1.300 tamu dari 90 negara dan ditambah 500 orang dari Guinea Bissau, Afrika Barat sebagaimana diberitakan oleh harian Youm7 Sina Mesir.

Adapun dari Indonesia, tamu yang diundang sebanyak 40 orang dan mewakili tokoh-tokoh agama, pemikir, akademisi, ormas keagamaan, media dan pemenang lomba hafalan Qur’an dan Hadits. Dari ormas keagamaan antara lain adalah NU, Muhammadiyah, Wahdah Islamiyyah, dll.

Undangan haji dalam “Program Tamu Pelayan Dua Tanah Suci Raja Salman bin Abdul Aziz” merupakan forum yang berkesinambungan yang menggambarkan kesungguhan Kerajaan Saudi Arabia (KSA) dalam memperhatikan tokoh-tokoh Islam yang berpengaruh dari berbagai negara. Di samping itu, juga dimaksudkan untuk membina kesatuan para pemuka umat dari lintas bangsa.

Saya pribadi mendapatkan manfaat luar biasa dari bertemunya para tokoh dan aktivis dakwah sedunia dalam program yang diinisiasi oleh pemerintah KSA ini. Misalnya di jam makan siang, saya gunakan untuk menambah pengalaman dan berdiskusi dengan sesama tamu undangan dari berbagai negara.

Bersama Ustad Eduart Demiraj (40) mufti Albania

Salah satunya adalah berdiskusi dengan Ustad Eduart Demiraj, seorang mufti dari Albania tentang kondisi dan perkembangan umat Islam di sana. Mufti yang usianya masih relatif sangat muda ini bercerita tentang tantangan dakwah Islam di negaranya.

Hampir selama 30-an tahun, Islam dan atribut keislaman dilarang oleh rezim Komunis. Baru sekitar tahun 1991 an, beriringan dengan tumbangnya rezim Komunis, dakwah Islam mulai bergeliat.

“Umat Islam di Albania menikmati kebebasan beragama sebagai konsekuensi dari paham liberalisme”, tutur mufti yang belum mencapai usia 40 tahun ini.

Namun masalahnya bukan berhenti di sini. Ternyata tidak mudah bagi kaum Muslimin yang taat untuk menduduki jabatan di pemerintahan. Rata-rata pejabat Muslim yang taat beragama masih menyembunyikan keislamannya dan belum berani bawa-bawa Islam ke ruang publik. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya pemuda Muslim yang berperilaku jauh dari nilai-nilai Islam dan bahkan cenderung alergi dengan Islam.

Menanggapi hal ini, saya cuma katakan padanya untuk bersabar dan selalu ingat bahwa dalam mendakwahkan kebenaran (tawasau bil haq) harus diiringi dengan kesabaran (tawasau bis sabr). “Masyarakat Anda masih banyak yang kurang mengerti Islam, ini harus dimaklumi karena Islam di Albania tergolong masih “baru buka”, setelah 30-an tahun ditutup oleh rezim Komunis. Jadi pelan-pelan dulu, karena generasi yang tumbuh saat ini adalah generasi yang dibesarkan dalam rezim Komunis”, kata saya sedikit memberi masukan kepadanya.

Kemudian saya ceritakan bagaimana dakwah Islam dan penyebarannya di Indonesia hingga menjadi agama mayoritas. Semuanya dilakukan tanpa peperangan dan kekerasan. Bahkan unsur-unsur keislaman mengakar kuat dalam budaya dan bahasa Indonesia.

Meskipun para tamu undangan adalah tokoh di negeri masing-masing, namun mereka adalah orang-orang yang rendah hati

Inilah kecerdasan ulama dan metode dakwahnya yang cemerlang. Kerajaan Hindu dan Budha yang dulunya sangat kuat dan megah di Indonesia, akhirnya runtuh dengan senjata dakwah.

“Melakukan kerja-kerja dakwah berarti kita sedang melakukan kerja-kerja peradaban”. Menanggapi masukan ini, Ustadz Eduart menimpali:  “Saya sangat bersyukur atas diskusi yang mencerahkan di meja makan ini.” Lalu kami pun berpisah untuk siap-siap ke Masjidil Haram.

Selain itu, pengalaman yang tidak kalah pentingnya adalah terjalinnya keakraban dan kebersamaan di internal rombongan Indonesia.

Meskipun kebanyakan rombongan adalah pribadi-pribadi yang ditokohkan dalam kepakaran dan komunitas masing-masing, tapi mereka sangat sederhana dan rendah hati.

Interaksi yang intensif selama dua minggu di tanah suci, sangat berperan dalam merekatkan tali ukhuwah para tokoh dan pegiat dakwah, khususnya di internal umat Islam di Indonesia yang rentan dengan perselisihan dan benturan. Terima kasih Raja Salman dan semua pihak yang sudah bekerja keras atas terselanggaranya program ini, juzitum kulla khair.*/Dr Henri Shalahuddin, MIRKH, Direktur Eksekutif Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS)

The post Kami Datang dan Belajar appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149750
Fase Pemulangan Dimulai, Jamaah Diminta Jaga Kemabruran Haji http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/27/149552/fase-pemulangan-dimulai-jamaah-diminta-jaga-kemabruran-haji.html Mon, 27 Aug 2018 15:19:58 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149552

Menurutnya, tanda haji mabrur adalah bersikap zuhud terhadap dunia dan lebih cinta kepada akhirat. “Inilah yang harus dijaga betul,” ungkapnya.

The post Fase Pemulangan Dimulai, Jamaah Diminta Jaga Kemabruran Haji appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Fase pemulangan jamaah haji Indonesia ke Tanah Air sudah dimulai. Hal ini ditandai dengan pelepasan 455 jamaah Debarkasi Palembang yang berasal dari kloter PLM-001, Senin (27/08/2018) dinihari waktu Arab Saudi.

Mereka diberangkatkan dari Hotel Waf Al-Ihsan di kawasan Misfalah, Makkah.

Hadir dalam kesempatan ini Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali, dan Inspektur Jenderal Kemenag Nur Kholis Setiawan.

Baca: Khutbah Arafah, Nashirul Ingatkan Jamaah Haji Berislam Lebih Baik Lagi

Selain itu hadir juga Kepala Daerah Kerja Makkah Endang Jumali serta sejumlah petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Kepada jamaah yang saat itu hendak pulang ke Tanah Air, Nizar Ali berpesan agar tetap menjaga kemabruran dengan jalan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

“Selepas nanti sampai di Tanah Air, seluruh jamaah diharapkan dapat menjaga kemabruran haji dengan jalan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah,” papar Nizar Ali lansir Kemenag.

Baca: Sekilas Fakta Menarik Ibadah Haji Tahun Ini

Menurutnya, tanda haji mabrur adalah bersikap zuhud terhadap dunia dan lebih cinta kepada akhirat.

“Inilah yang harus dijaga betul,” ungkapnya.

Sementara Dubes Agus Maftuh menambahkan, jamaah haji Indonesia menjadi jamaah yang sangat dimanjakan oleh Saudi.

“Sebab menurut penilaian mereka, dalam hal ini Gubernur Makkah, jamaah yang paling rapi, bagus, dan disiplin adalah jamaah haji Indonesia,” tandasnya yang disambut tepuk tangan hadirin.

“Terima kasih atas kerapian, kesopanan, dan kedisiplinan yang telah ditunjukkan selama di Tanah Suci,“ ujarnya.

Baca: 3 Juta Jamaah Haji Berkumpul di Arafah Memulai Wukuf

Hari pertama kepulangan jamaah diikuti 15 kloter atau 6.026 jamaah. Untuk PLM-001 dijadwalkan diterbangkan pada Senin (27/08/2018) pukul 08.15 WAS, disusul Kloter 1 Debarkasi Surabaya pada pukul 09.45 WAS yang membawa 450 jamaah.

Selepas itu, menyusul penerbangan Kloter 1 Debarkasi Jakarta-Bekasi pada 10.05 WAS dan Kloter 1 Debarkasi Padang pada pukul 11.20 WAS. Hari perdana kepulangan gelombang pertama ditutup Kloter 13 Debarkasi Solo yang terbang dari Jeddah pukul 22.05 WAS.

Semua kloter gelombang pertama akan diterbangkan kembali ke Tanah Air melalui Bandara King Abdulaziz Jeddah.*

The post Fase Pemulangan Dimulai, Jamaah Diminta Jaga Kemabruran Haji appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149552
Jamaah Syiah asal Iraq Bunuh Diri di Masjid Al-Haram http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/27/149489/jamaah-syiah-asal-iraq-bunuh-diri-di-masjid-al-haram.html Mon, 27 Aug 2018 02:38:16 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149489

Sebelum terjun, lelaki bernama Al-Haidari dia meneriakkan nama tokoh Syiah Iraq, Muqtada Sadr

The post Jamaah Syiah asal Iraq Bunuh Diri di Masjid Al-Haram appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Jamaah haji di Masjidil Haram dikejutkan dengan peristiwa bunuh diri yang kembali terjadi di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, yang dilakukan penganut Syiah asal Iraq.

Pelaku bernama Hussein Hamid al-Haidari (43), jamaah asal Iraq, sebelumnya bunuh diri, membaca doa ala Syiah dan juga meneriakkan tokoh Syiah Iraq, Muqtada al-Sadr.

Media Iraq melaporkan, Al Haidari tinggal di Distrik Nahrawan, Ibu Kota Baghdad, Iraq, yang sedang berhaji bareng ibunya.

Baca: Serangan Bom Menarget Kota Suci Madinah

Al-Haidari melompat dari atap Masjid Al-Haram dan jatuh ke area tawaf dan langsung tewas seketika. Insiden ini juga menyebabkan dua jamaah haji lainnya luka dan sedang dirawat di rumah sakit.

Akibat ulah Al Haidari, sang ibu dalam kondisi syok dan kritis setelah bunuh diri putranya.

Juru bicara Kantor Urusan Haji Iraq Hasan Fahad Kanani bilang pihaknya sudah membentuk sebuah tim untuk menyelidiki motif Al-Haidari bunuh diri.

Laman al-Arabiya mengutip media Iraq,  mengatakan almarhum dalam keadaan psikis tidak stabil menyusul kematian putra satu-satunya beberapa bulan yang lalu.

Baca: Dor! Seorang Pria Bunuh Diri di Depan Gedung Putih 

Kepala delegasi Haji Iraq Khalid al-Attiah mengatakan sebuah komite telah dibentuk untuk berkomunikasi dengan pihak berwenang Saudi terkait peristiwa, menambahkan bahwa otoritas keamanan Saudi membuka penyelidikan atas insiden tersebut.

Bulan Juni lalu, warga negara Prancis keturunan Aljazair bernama Azuz Butuba (26) juga melakukan  bunuh diri  di Masjid Al-Haram  dengan cara melompat dari atap masjid berpagar kaca dan jatuh di lintasan tawaf membuat pelaku tewas seketika.

Peristiwa ini sangat menggegerkan lantaran terjadi di sepuluh hari terakhir Ramadhan.*

The post Jamaah Syiah asal Iraq Bunuh Diri di Masjid Al-Haram appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149489
Viral Mantan Paus Vatikan Haji, Ini Aslinya http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/25/149376/viral-mantan-paus-vatikan-haji-ini-aslinya.html Sat, 25 Aug 2018 16:33:08 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149376

Pangeran Khaled Faisal sedang melempar jumrah didampingi anaknya Pangeran Saud Bin Khaled Faisal dan Wakil Gubernur Makkah, Pangeran Abdullah bin Bandar

The post Viral Mantan Paus Vatikan Haji, Ini Aslinya appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Bertepatan dengan ibadah haji bulan Dzulhijjah, di tanah air beredar video secara viral mantan Paus Benediktus XVI sedang melempar jumrah di jamarat dengan pengawalan ketat polisi Arab Saudi.

Sebuah akun milik Al Saud Royal Family di Instagram menjelaskan, bahwa video dan foto yang beredar bukanlah Paus Benediktus VXI, tetapi Gubernur Makkah, Pangeran Khaled Faisal.

Baca: Gubernur Makkah Serahkan Kiswah Baru pada Penjaga Ka’bah 

“Pangeran Khaled Faisal sedang melempar sedang melempar jumrah sebagai bagian dari kegiatan ibadah haji didampingi anaknya Pangeran Saud Bin Khaled Faisal dan Pangeran Abdullah bin Bandar Bin Abdul Aziz,” tulis akun alSaud Royal Family.

Sebelumnya, 28 Februari 2013, pria bernama asli Joseph Aloisius Ratzinger mengumumkan mengundurkan diri menjadi pemimpin Katolik sedunia dan sejak itu diisukan masuk Islam. Beberapa media asing menyebutkan, mundurnya Ratzinger karena usianya yang terlalu tua dan beberapa kasus skandal seks yang menimpa gereja Katolik.

Mundurnya Paus ke-265 ini adalah yang keempat kali dalam sejarah Vatikan, yang terakhir terjadi tahun 1415. Sementara, di era modern, ini adalah yang pertama.

­Postingan ini banyak mendapat tanggapan follower.

Baca: Kepala Terbentur Paus Benediktus XVI Pun Mundur 

“Banyak orang percaya pada berita tipuan tanpa mencari kebenaran,”  tulis pemilik akun @Muhartatitaz.

Sebuah media Arab menyebutkan, kebanyakan jamaah menghabiskan dua atau tiga hari Dzulhijjah di Mina untuk lempar jumrah. Termasuk Pangeran Khaled Al-Faisal, Penasehat Dua Masjid Suci dan Ketua Komite Haji, dan Wakil Gubernur Makkah, Pangeran Abdullah Bin Bandar juga melakukan ritual di pagi hari dan dilanjutkan pergi Makkah untuk melakukan Tawaf Ifadah.

Dengan berita ini cukup menjadi penjelas atas simpang siurnya informasi yang ada.*/Auliya

The post Viral Mantan Paus Vatikan Haji, Ini Aslinya appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149376
Khutbah Arafah, Nashirul Ingatkan Jamaah Haji Berislam Lebih Baik Lagi http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/23/149196/khutbah-arafah-nashirul-ingatkan-jamaah-haji-berislam-lebih-baik-lagi.html Thu, 23 Aug 2018 09:31:33 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149196

Syarat diterimanya ibadah, terangnya, ada dua, yakni ikhlas karena Allah dan sesuai tuntunan sunnah.

The post Khutbah Arafah, Nashirul Ingatkan Jamaah Haji Berislam Lebih Baik Lagi appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Ketua Umum DPP Hidayatullah, Nashirul Haq, menyampaikan khutbah Arafah di maktab 5 kloter 10 BPN (Embarkasi Balikpapan: jamaah asal Kalimantan Timur yang merupakan gabungan dari Balikpapan, Samarinda, Paser, dan Penajam Paser Utara), Arab Saudi.

Wukuf di Arafah, tutur Nashirul dalam poin-poin khutbahnya kepada hidayatullah.com Jakarta, Rabu (22/08/2018), adalah gambaran berkumpulnya manusia di padang Mahsyar kelak.

“Mereka datang tanpa membawa pangkat, kekuasaan, dan kekayaan. Setiap manusia akan dihisab amal perbuatannya. Kemuliaan hanya dinilai dari ketakwaan. Maka sebaik-baik bekal adalah bekal takwa,” katanya.

Baca: Haji Mabrur dan Agen Perubahan Masyarakat

Nashirul mengajak jamaah haji mengoptimalkan momen berhaji untuk berdoa -terutama saat wukuf.

Agar mendoakan diri dan keluarga, sahabat dan kerabat, orang-orang yang menitipkan doa, kaum Muslimin yang tertindas dan terjajah, kemaslahatan bangsa dan tanah air, serta memohon diberikan pemimpin berkualitas yang mampu membawa Indonesia menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur -negeri yang aman, makmur, sejahtera, dan diridhai Allah Subhanahu Wata‘ala.

Poin berikutnya yang disampaikan Nashirul tentang haji mabrur. Indikator haji mabrur, menurutnya, apabila seseorang yang telah menunaikan haji memiliki kualitas keislaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca: Mendambakan Haji Mabrur

Seperti istiqamah menjaga dan memelihara amal ibadah dan kebajikan yang dilakukannya selama berada di Tanah Suci, shalat fardhu tepat waktu –khusus bagi laki-laki dilakukan secara berjamaah, menutup aurat, rajin berinfak, menjaga hijab dan menutup aurat bagi wanita, rajin berdzikir dan membaca Al-Qur’an, gemar membantu, mengendalikan emosi, serta menghindari ucapan kotor, dan seterusnya.

Baca: Sekilas Fakta Menarik Ibadah Haji Tahun Ini

Poin terakhirnya adalah kalimat talbiyah. Kalimat talbiyah yang dilantunkan jamaah haji, kata dia, adalah pernyataan datang ke Tanah Suci semata-mata karena memenuhi panggilan Allah untuk menunaikan ibadah haji.

“Bukan karena motivasi duniawi seperti mendapatkan penghargaan dan pujian manusia,” ujarnya mengingatkan.

Syarat diterimanya ibadah, terangnya, ada dua, yakni ikhlas karena Allah dan sesuai tuntunan sunnah.* Andi

The post Khutbah Arafah, Nashirul Ingatkan Jamaah Haji Berislam Lebih Baik Lagi appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149196
Sekilas Fakta Menarik Ibadah Haji Tahun Ini http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/23/149176/sekilas-fakta-menarik-ibadah-haji-tahun-ini.html Thu, 23 Aug 2018 04:19:39 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149176

• Sekitar 14.000 penerbangan internasional dan domestik membawa para jamaah ke Tanah Suci. Sekitar 21.000 bus disediakan untuk memfasilitasi jamaah ke Makkah

The post Sekilas Fakta Menarik Ibadah Haji Tahun Ini appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com— Setelah telah melakukan puncak ibadah haji, wukuf di Arafah dan mabit di Muzdalifah Jamaah haji  jamaah haji sudah melalui masa perjuangan  dan perjalanan fisik yang melelahkan. Hampir dua juta jamaah berhaji tahun ini,menurut catatan resmi.  

Berikut beberapa fakta menarik tentang ziarah haji tahun (2018) ini: 

  • Lebih dari 2,37 juta jamaah melakukan ziarah haji tahun (2018) ini menurut statistik resmi, meningkat dibandingkan dengan 1,86 juta (tahun 2016) dan hanya 24.000 ketika tahun 1941, tulis AFP.
  • 600.000 peziarah berasal dari Arab Saudi.
  • 1,33 juta adalah jamaah laki-laki dan sekitar 1,02 juta adalah jumlah peziarah perempuan.

    Sebanyak 18.000 personel pertahanan sipil dikerahkan Saudi (Arabnews)

  • Ribuan petugas keamanan dikerahkan pada haji tahun ini, termasuk 18.000 personel pertahanan sipil untuk membantu menjaga keamanan para jamaah, menurut pihak berwenang.

Baca: Puncak Haji di Bawah Suhu Menyengat 

  • Ribuan kamera juga dipasang di sepanjang jalan di mana jamaah melakukan haji.
  • Setiap jam, para pejabat memperkirakan rata-rata 107.000 jamaah di sekitar Ka’bah di Masjidil Haram, di mana umat Islam menghadap Kiblat.
  • 25 rumah sakit, 180 ambulan dan lebih dari 30.000 tenaga kesehatan siap melayani jamaah jika ada keadaan darurat.
  • Puluhan ribu tenda dilengkapi dengan AC dikembangkan untuk jamaah sementara suhu cuaca mencapai 44 derajat Celcius.

1,33 juta adalah jamaah laki-laki dan sekitar 1,02 juta adalah jumlah peziarah perempuan (AJ)

  • Sekitar 14.000 penerbangan internasional dan domestik membawa para jamaah ke Tanah Suci. Sekitar 21.000 bus disediakan untuk memfasilitasi jamaah ke Makkah.

Baca: 3 Juta Jamaah Haji Berkumpul di Arafah Memulai .

  • 1600 menara telekomunikasi dan 3.000 zona Wi-Fi disediakan untuk jamaah, menurut jamaah dan umrah Saudi.
  • Arab Saudi menyatakan bahwa mereka berencana untuk mendistribusikan delapan juta salinan dari buku Al-Quran yang diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa kepada para jamaah. Buku-buku keagamaan lainnya juga akan didistribusikan.
  • Pemerintah Saudi berharap untuk menyambut 30 juta jamaah setiap tahun pada tahun 2030 termasuk mereka yang melakukan ibadah umrah.
  • Sekitar 54 juta jamaah telah melakukan ziarah selama 25 tahun terakhir, menurut statistik resmi.*

The post Sekilas Fakta Menarik Ibadah Haji Tahun Ini appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149176
3 Juta Jamaah Haji Berkumpul di Arafah Memulai Wukuf http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/20/149007/3-juta-jamaah-haji-berkumpul-di-arafah-memulai-wukuf.html Mon, 20 Aug 2018 09:13:49 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=149007

Di Padang Arafah, para jemaah akan beribadah, berdoa, berzikir dan membaca Quran agar diampuni dosa-dosa, hingga matahari tenggelam

The post 3 Juta Jamaah Haji Berkumpul di Arafah Memulai Wukuf appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Lebih dua juta jemaah haji telah membanjiri Bukit Arafah tak lama setelah matahari terbit, Senin pagi waktu Saudi, untuk melakukan puncak ibadah paling penting dalam haji hari ini, tulis Arab News.

Para jamaah akan berkumpul di Bukit Arafah sampai matahari terbenam pada hari ke 9 Zulhijjah.

Padang Arafah yang pada hari biasa kosong tanpa aktivitas, kini memutih lantaran menjadi lautan jamaah haji berkain ihram warna putih.

Lautan manusia berwarna putih menuju Arafah

Puncak haji di Padang Arafah adalah momen yang paling dinanti-nanti. Jamaah haji pun harus berihram hingga nanti usai menjalankan tahalul yang menandakan selesainya rangkaian haji.

Baca: Arafah, Tak Kenal Maka Tak Cinta

Di Padang Arafah, para jemaah akan beribadah, berdoa, berzikir dan membaca Quran agar diampuni dosa-dosa, hingga matahari tenggelam.

Hari Arafah adalah sebaik-baik hari untuk berdoa. “Sebaik-baik doa adalah doa hari Arafah, dan sebaik-baik ucapan yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qadir.” [HR. at-Tirmidzi]

Hari Arafah adalah sebaik-baik hari untuk berdoa

Baca: Wukuf Arafah Senin, Arab Saudi Umumkan Idul Adha tanggal 21 Agustus

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ ؟

“Tidak ada hari di mana Allâh Azza wa Jalla membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para malaikat dan berkata: Apa yang mereka inginkan?” [HR. Muslim]

Selanjutnya mereka akan menuju Muzdalifah untuk mabith (singgah) hingga tengah malam usai menjalankan shalat Maghrib dan Isya’.

“Tiada hari yang paling banyak Allah membebaskan hambaNya dari api neraka dari hari Arafah”. [Riwayat Muslim]

Sementara itu, jamaah calon haji Indonesia berjumlah sekitar 221 ribu orang dan berpindah dari Makkah ke Arafah dalam tiga tahap. Gelombang pertama telah diberangkatkan Ahad setelah Subuh hingga dzuhur Waktu Arab Saudi (WAS). Kemudian, gelombang kedua dimulai Dzuhur hingga sekitar pukul 16.00 WAS dan terakhir pukul 16.00-18.00 WAS.

Pemberangkatan jamaah secara bergelombang itu guna menghindari penumpukan jamaah karena mobilisasi jemaah calon haji itu tidak hanya bagi Indonesia, tetapi dari negara-negara lain.*

The post 3 Juta Jamaah Haji Berkumpul di Arafah Memulai Wukuf appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
149007
Hujan Debu dan Angin Kencang Landa Masjidil Haram dan Arafah http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/20/148951/hujan-debu-dan-angin-kencang-landa-masjidil-haram-dan-arafah.html Mon, 20 Aug 2018 02:34:30 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=148951

Pemerintah Saudi menganjurkan jamaah haji untuk tetap berdiam diri untuk tinggal di dalam khoymah (tenda)

The post Hujan Debu dan Angin Kencang Landa Masjidil Haram dan Arafah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com–Badai pasir disertai angin kencang dan hujan melanda Arab Saudi sejak hari Ahad (19/08/2018). Badai pasir ini terjadi menjelang adzan Maghrib. Listrik dilaporkan padam dan sejumlah tenda jamaah calon haji roboh.

Badai pasir  juga melanda kemah para jamaah haji badai yang disertai angin kencang serta terbangan debu dan  bukan hanya mengenai Mina tetapi juga mengenai Masjidil Haram dan Padang Arafah serta daerah lain.

Sebagaimana video yang di unggah di akun Instagram resmi @saudinews50, memperlihatkan video hujan di daerah Arafah, dan juga foto dan video yang diunggah oleh salah satu petugas haji di Masjidil Haram.

Atas kejadian angin kencang ini kiswah Ka’bah terbuka dan sebagian penutup atap di Mina yang rusak dan tempat lorong di samping tenda berpasir dan berdebu akibat angin kencang berserta debu tersebut.

Pemerintah Saudi menganjurkan jamaah haji untuk tetap berdiam diri untuk tinggal di dalam khoymah (tenda). Dan tidak ada yang keluar kecuali dalam keadaan darurat seperti buang air.

Sebagian para calon jamaah haji mendapatkan masker yang dibagiakan oleh para petugas.*/kiriman MF. Mujahid

The post Hujan Debu dan Angin Kencang Landa Masjidil Haram dan Arafah appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
148951
Viral, Video Polisi Saudi Berikan Sepatu Jamaah Haji Usia Lanjut http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/19/148905/viral-video-polisi-saudi-berikan-sepatu-jamaah-haji-usia-lanjut.html Sun, 19 Aug 2018 15:10:33 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=148905

Spontan rekaman video ini beredar luas dan viral di masyarakat. Sementara sang polisi banyak menuai pujian

The post Viral, Video Polisi Saudi Berikan Sepatu Jamaah Haji Usia Lanjut appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com—Sebuah potongan video mendokumentasikan momen mengharukan dimana seorang petugas polisi Arab Saudi memberikan sepatunya kepada seorang jamaah haji perempuan berusia lanjut yang kehilangan sepatu, Al Arabiya.

Pengguna media sosial memuji akhlak mulia sang polisi  yang memutuskan untuk memberikan sepatunya kepada seorang jamaah haji perempuan yang berusia lanjut, selepas dia kehilangannya kedua sepatunya, dan mencoba menutupi kakinya dengan sepotong kertas untuk panas terik di jalanan. Maklum saja, haji tahun ini dilaksanakan saat puncak musim panas.

Saat melihat pemandangan ini, sang polisi  lalu berlutut dan  meletakkan sepatunya kepada kedua kaki perempuan tua itu agar bisa melanjutkan ibadah haji.

Spontan rekaman video ini beredar luas dan viral di masyarakat. Sementara sang polisi banyak menuai pujian.*

The post Viral, Video Polisi Saudi Berikan Sepatu Jamaah Haji Usia Lanjut appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
148905
Puncak Haji di Bawah Suhu Menyengat http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2018/08/19/148912/puncak-haji-di-bawah-suhu-menyengat.html Sun, 19 Aug 2018 15:05:45 +0000 http://www.hidayatullah.com/?p=148912

"Jamaah harus mandiri. Mereka harus mengatur polanya sendiri dengan makan, minum, dan istirahat yang cukup."

The post Puncak Haji di Bawah Suhu Menyengat appeared first on Hidayatullah.com.

]]>

Hidayatullah.com– Puncak haji telah tiba. Sekitar 3 juta jamaah haji dari seantero dunia bergerak ke Arafah mulai Ahad (19/08/2018). Begitu pula sebanyak 203.351 jamaah haji reguler Indonesia dan 16.905 jamaah haji khusus menuju Arafah.

Ada juga sebagian jamaah yang mengikuti Tarwiyah dan diberangkatkan pada Sabtu sore hingga malam.

Pemberangkatan jamaah reguler ke Arafah dibagi dalam tiga gelombang dari 165 pemondokan mereka. Pertama, pukul 07.00-12.00, kedua, 12.00-16.00, dan ketiga 16.00-24.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Pemberangkatan jamaah haji reguler dilakukan di bawah kendali Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1439H/2018M. Sedangkan jamaah haji khusus, pemberangkatannya oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus.

Menghadapi fase Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), Pemerintah menyiapkan Tim Mobile Crisis & Rescue (MCR) yang berjumlah 233 orang. Mereka akan dibagi ke dua jalur, yakni jalur bawah (Muaisyim-Syisyah) dan jalur atas (Kantor Misi Haji Mina-Jamarat).

Mulai Ahad (19/08/2018) pagi waktu Arab Saudi (WAS), jamaah haji secara berangsur diberangkatkan menuju Arafah.

Bertolak dari masing-masing hotel, jamaah diangkut menggunakan bus dengan sistem taraddudi atau bolak-balik. Para petugas haji juga sejak Sabtu (18/08/2018) malam mulai diberangkatkan untuk persiapan puncak haji di Arafah.

Ahad pagi para petugas yang tergabung dalam tim khusus Mobile Cricis Rescue (MCR) tampak bersiap berangkat dari Makkah. MCR merupakan gabungan dari beberapa unsur petugas. Mereka terdiri dari petugas Perlindungan Jamaah (Linjam), P3JH, TPP, TGC, MCH, dan petugas Bimbingan Ibadah.

Jasaruddin, salah satu Ketua Tim MCR menyebutkan, dalam penugasan MCR difokuskan pada pelayanan jamaah yang kelelahan di jalur Jamarat.

“MCR dibagi dua tim, Tim 1 di Mina bawah dan Tim 2 di Mina atas,” kata Jasaruddin lansir Media Center Haji (MCH).

Mina atas merupakan jalur keberangkatan jamaah yang akan melontar jumrah. Jalur ini diidentifikasikan sebagai rute jamaah dari maktab di Mina sampai dengan jamarat. Sedangkan Mina bawah dari Jamarat ke Mina al wadi atau jalur kembali ke maktab Mina.

92 Jamaah Wafat

Sementara itu, Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Ahad pukul 09.00 WAS, sebanyak 92 jamaah asal Indonesia telah wafat.

Sementara 212 jamaah sedang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah dan RS Arab Saudi. Bagi jamaah sakit, besok saat puncak wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah akan disafariwukufkan.

Sejak pukul 08.45 WAS, jamaah haji mulai memasuki tendanya di Arafah. Kloter yang pertama kali tiba di Arafah adalah SOC-56 asal Kudus. Sebanyak 353 orang asal kloter ini menempati maktab 1 didampingi lima orang petugas kloter. Sampai dengan pukul 12.00 WAS, sudah tiba 18.317 jamaah haji termasuk para petugas pendamping kloter.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Arafah, Arsyad Hidayat, pada Ahad (19/08/2018) siang WAS berkeliling memeriksa tenda dan dapur katering. Arsyad berkomunikasi dengan jamaah yang berada di tenda sekaligus menanyakan keadaan dan fasilitas tenda.

“Alhamdulillah tenda jauh lebih baik dari pada beberapa tahun lalu saat saya berhaji,” kata salah seorang jamaah asal Tangerang.

Jamaah haji yang tiba di Arafah sebelum waktu zuhur mendapatkan paket makan siang. Menunya cukup istimewa berupa nasi putih bistik daging dan kentang goreng.

“Selain nasi dan lauk, jamaah juga menerima jeruk, jus buah, dan air mineral 3 botol,” kata Arsyad saat berada di dapur maktab 1.

Sementara itu, teriknya pemondokan di Arafah memang sangat terasa bagi jamaah haji. Suhu terendah 31 derajat celsius di malam hari dan puncak panas antara siang sampai sore dengan suhu 42 derajat celsius.

Arsyad mengimbau jamaah haji menjaga diri dengan baik agar tetap prima selama beribadah.

“Jamaah harus patuhi ketentuan kesehatan agar selalu sehat dan nyaman dalam ibadah,” kata Arsyad.

Arsyad mengingatkan kepada jamaah sesuai arahan dokter Pos Kesehatan Arafah.

“Jamaah harus mandiri. Mereka harus mengatur polanya sendiri dengan makan, minum, dan istirahat yang cukup,” imbuhnya.*

The post Puncak Haji di Bawah Suhu Menyengat appeared first on Hidayatullah.com.

]]>
148912