frontpage hit counter

Gubernur Makkah Buka Pameran Buku Internasional ke-3 di Jeddah

500 Percetakan Internasional dari 42 negara dan 50 ribu pengunjung ikut memeriahkan pameran kali ini

Gubernur Makkah Buka Pameran Buku Internasional ke-3 di Jeddah
Pameran Buku Internasional ke 3 di Jeddah

Terkait

Hidayatullah.com–Penasehat Pelayan Dua Tanah Suci, Gubernur Makkah, YM Pangeran Khalid bin Faisal bin Abdul Aziz Al Saud membuka Pameran Buku Internasional Jeddah pada 14 Desember 2017 sore hari, berlangsung di Pantai Obhur.

Pada Pembukaan Pameran ini, Pangeran Khalid memberikan penghargaan kepada Penyair Ibrahim Khafaji, penulis Lagu Kebangsaan Arab Saudi (diterima oleh putranya Muhammad Wajih)

Penghargaan juga diberikan kepada 6 tokoh di bidang penulisan, buku dan percetakan, yaitu Dr. Ahmad adh-Dhabib, Dr. Abbas Tashqandi (yang diterima oleh putranya Khalid), Dr. Yahya bin Junaid, Abdurrahman al-Mu’ammar, Dr. Huda al-‘Amudi, Khalid al-Yusuf, serta kepada Penyelenggara Pameran, turut hadir pada pembukaan ini Bupati Jeddah, YM Pangeran Misy’al bin Majid bin Abdul Aziz Al Saud, Wakil Gubernur Makkah, YM Pangeran Abdullah bin Bandar bin Abdul Aziz Al Saud, Menteri Kebudayaan dan Informatika Arab Saudi, Dr. ‘Awwal al-‘Awwad dan sejumlah pejabat lainnya.

Gubernur Khalid beserta para pendamping mengunjungi sejumlah stand, mendengarkan penjelasan mengenai stand dan kegiatan yang diadakan, membuka stand Kementerian Pendidikan, mendengarkan qasidah penyambutan dari kelompok anak-anak, mengunungi panggung penampilan dan stand Uni Eropa.

Baca: “Konser Cello” Warnai Pameran Buku di Jeddah

Bupati Jeddah, Pangeran Misy’al menekankan bahwa tujuan dari penambahan jumlah negara yang ikut serta pada Pameran ini menjadi 42 negara, bertujuan untuk menampilkan berbagai macam kebudayaan, dan agar negara peserta dapat melihat kebudayaan-kebudayaan kami (Arab Saudi red.), terdapat pula kegiatan-kegiatan tambahan yang diadakan dalam rangka memeriahkan pameran, Bupati Misy’al juga berhadap agar pameran ini dapat diadakan di tahun yang akan datang.

Menteri ‘Awwad menyampaikan Pameran Buku Internasional Jeddah ke-3 tahun ini merupakan kegiatan yang besar, dengan keikutsertaan 24 negara, ditambah pula bahwa pameran ini bukan hanya berupa pameran sastra, karena ada pula kegiatan-kegiatan budaya, seperti lukisan dan pameran foto internasional.

Pameran yang berlangsung tanggal 14-24 Desember 2017  ini juga berbeda dengan pameran tahun-tahun sebelumnya, khususnya kegiatan-kegiatannya dan keikutsertaan Internasional.

500 Percetakan Internasional dari 42 negara ikut serta pada Pameran kali ini, diperkirakan terdapat 50 ribu pengunjung di setiap harinya, dengan total Pameran yang berlangsung selama 11 hari ini diperkirakan terdapat 500 ribu pengunjung.

Baca: Jepang Jadi Tuan Rumah Pameran Halal Internasional Pertama

Ada pula 50 berbagai kegiatan yang diadakan dalam rangka memeriahkan pameran ini, keikutsertaan internasional seperti penampilan film untuk anak-anak dari stand Uni Eropa, pameran lukisan dari stand Uni Eropa dan stand Uzbekistan, penampilan akrobatik dari Tiongkok, stand seni lukis huruf Jepang bersama kaligrafer dari Saudi, serta seminar-seminar, kuliah umum-kuliah umum dan workshop-workshop lainnya.

“Pameran ini ajib, posisinya strategis karena samping laut, jadi kalau sore-sore bisa lihat sunset, peserta pameran dari banyak negara antara lain Turki, Mesir, Libanon, Yordania dan Maroko,” ujar Bambang Ridlo, mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah yang mengunjungi pameran ini.

“Di dalam juga ada mesin pencari yang memudahkan pengunjung, jadwal buka hari biasa pukul 10 pagi sampai 10 malam dan hari Jum’at pukul 4 sore sampai pukul 10 malam” tambah Bambang.*/Imam Khairul Anas (Madinah)

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !