frontpage hit counter

Tes Kemampuan Baca Al Quran Sebagai Syarat Calon Kepala Daerah Aceh

6 pasang bakal calon gubernur/wakil gubernur Aceh dalam Pilkada 2017 mengikuti tes kemampuan baca Al Quran sebagai syarat menjadi calon kepala daerah

Tes Kemampuan Baca Al Quran Sebagai Syarat Calon Kepala Daerah Aceh
bakal calon gubernur/wakil gubernur Aceh dalam Pilkada 2017 mengikuti tes kemampuan baca Al Quran

Terkait

Hidayatullah.com–Salah satu tahapan menarik pemilihan kepala daerah Aceh yang berbeda dengan daerah lain adalah adanya tes baca Qur’an.

Walaupun aneh rasanya jika ada yang nekat ikut pemilihan kepala daerah tapi tetap percaya diri walau tidak bisa baca Qur’an dengan lancar tapi itulah realitanya.

Bagi kalangan masyarakat tertentu, tes baca Qur’an memiliki kesan tersendiri, karena ada tipe masyarakat yang sudah muak dengan janji-janji, janjinya sebagai muslim yang mengagungkan Qur’an saja diingkari apalagi janji lain.

Demikian antara lain disampaikan Teuku Farhan, ‎Pengurus Pusat Forum Silaturahim Kemakmuran Masjid Serantau (FORSIMAS) usai tes baca al-Qur’an calon gubernur dan wakil gubernur Aceh di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh Rabu (28/09/2016) kemarin.

“Quran adalah teman sejati dalam kesendirian, cahaya dalam kegelapan. Bagi yang merasa tidak perlunya seorang calon pemimpin dapat membaca quran, wajar saja karena dirinya ingin hidup dalam kegelapan dan kesendirian. Jika dirinya saja ingin demikian adanya, Qur’an dicampakkan, apatah lagi dengan nasib masyarakat yang dipimpinnya,” jelas Teuku Farhan yang juga sebagai Direktur Masyarakat Informasi dan Tehnologi (MIT) Aceh.

Sebelumnya, enam pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Aceh dalam Pemilihan Kepala Daerah 2017 mengikuti tes kemampuan membaca Al Quran sebagai syarat menjadi calon kepala daerah.

Tes uji kemampuan baca al-Quran dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman sejak pukul 09.00 WIB. Mereka adalah Zaini Abdullah-Nasaruddin, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, Tarmizi Karim-T Muksalmina, Zakaria Saman-T Alaidinsyah, dan Muzakkir Manaf-TA Khalid.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Ridwan Hadi mengatakan, tes ini menjadi satu syarat dari berbagai syarat lain yang harus dipenuhi oleh bakal calon kepala daerah. Syarat ini juga berlaku untuk calon kepala daerah tingkat I maupun II.*/kiriman Mustafa Husen Woyla

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !